Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Rusak Tidak Terbaca Paling Tokcer

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Rusak Tidak Terbaca – Oh tidak! Flash drive Anda rusak dan Anda tidak dapat mengakses file apa pun yang tersimpan di dalamnya. Jangan khawatir, itu terjadi pada yang terbaik dari kita. Tapi jangan putus asa, ada cara untuk memperbaiki flash drive yang rusak dan tidak terbaca dan mendapatkan kembali data Anda. Dalam posting blog ini, kami akan menunjukkan cara memulihkan data Anda dari flash drive yang rusak.

Menilai Situasi

1. Periksa Panduan Pabrikan – Pertama dan terpenting, periksa panduan pabrikan untuk memastikan bahwa drive USB kompatibel dengan sistem Anda.

2. Periksa Port USB – Periksa dengan teliti apakah port USB dalam kondisi baik atau tidak.

3. Periksa Konektor – Periksa apakah konektor USB bengkok atau ada bagian yang hilang.

4. Periksa Kabel – Pastikan semua kabel terhubung dengan baik dan dalam kondisi baik.

5. Periksa Driver – Pastikan driver yang tepat diinstal untuk flash drive. Jika Anda perlu memperbaruinya, maka lakukanlah.

Periksa Integritas Fisik Flash Drive

Memeriksa integritas fisik flash drive Anda merupakan langkah penting saat memecahkan masalah USB. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperiksa sebelum memulai proses perbaikan:

1. Berhenti menggunakan drive USB.

2. Periksa untuk memastikan konektor USB tidak bengkok atau ada bagian yang hilang.

3. Periksa bagian dalam konektor untuk memastikan semua pin sudah terpasang dan tidak rusak.

4. Cari tanda-tanda kerusakan atau keausan yang terlihat pada drive USB itu sendiri.

5. Periksa port USB di komputer Anda untuk memastikannya tidak rusak atau tersumbat oleh kotoran.

6. Pastikan semua kabel dan sambungan tersambung dengan baik dan tidak rusak.

7. Pastikan komputer Anda diperbarui dengan driver terbaru dan pembaruan perangkat lunak untuk perangkat USB.

Jalankan Pemindaian Diagnostik

1. Instal ulang Driver USB: Banyak masalah USB yang aneh dapat disebabkan oleh driver yang rusak, jadi coba instal ulang driver terbaru untuk flash drive.

2. Gunakan Command Prompt: Anda juga dapat menggunakan perintah CMD untuk memeriksa kesalahan pada flash drive.

3. Lakukan CHKDSK: Anda dapat menjalankan pemeriksaan disk melalui CMD untuk memperbaiki file atau direktori yang mungkin rusak atau tidak dapat dibaca.

4. Periksa Huruf dan Jalur Drive: Pastikan huruf dan jalur drive flash drive Anda sudah benar.

5. Periksa Jenis Sistem File: Pastikan flash drive Anda menggunakan jenis sistem file yang benar untuk perangkat Anda.

Coba Port USB Lain

5 Tips Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak Tidak Terbaca

1. Menilai Situasi
2. Periksa Integritas Fisik Flash Drive
3. Jalankan Pemindaian Diagnostik
4. Coba Port USB Lain
– Ubah port tempat Anda memasukkan drive USB
– Periksa kabel USB atau adaptor dari kerusakan atau cacat
– Coba kabel atau adaptor lain jika memungkinkan
5. Perbaiki Masalah Drive Letter dan Path

Perbaiki Huruf Drive dan Masalah Jalur

7 Langkah Sederhana untuk Memperbaiki Masalah Drive Letter dan Path pada USB Flash Drive

1. Klik kanan tombol Start dan pilih Command Prompt (Admin).

2. Ketik “diskmgmt.msc” di command prompt dan tekan Enter.

3. Periksa apakah flash drive terdaftar di jendela Manajemen Disk.

4. Klik kanan pada drive dan pilih Change Drive Letter and Paths…

5. Klik Add, lalu centang kotak berlabel Assign the following drive letter:

6. Pilih huruf drive baru dari menu drop-down dan klik OK.

7. Restart sistem Anda, dan huruf drive baru sekarang harus ditetapkan ke USB flash drive Anda.

Format Flashdisk

7. Format Flash: Jika langkah-langkah di atas tidak menyelesaikan masalah, Anda mungkin perlu memformat flash drive Anda. Memformat akan menghapus semua data di drive, jadi pastikan untuk mencadangkan semua file penting sebelum melakukannya. Untuk memformat flash drive Anda, buka command prompt (admin) dan ketik ‘format [drive letter]: /fs:fat32’ dan tekan enter. Ini akan memformat drive dalam sistem file FAT32 dan akan memperbaiki masalah apa pun.

Jalankan Pembersihan Disk

7. Jalankan Pembersihan Disk: Pembersihan disk dapat membantu membersihkan file yang tidak diperlukan pada drive USB Anda yang dapat membantu meningkatkan kinerja. Untuk melakukannya, klik kanan drive USB dan pilih Properties, lalu klik tombol Disk Cleanup. Pilih semua file yang ingin Anda hapus, lalu klik OK dan ikuti petunjuk di layar. Ini dapat mengatasi file atau direktori yang rusak dan kesalahan yang tidak dapat dibaca.

Periksa Jenis Sistem File

7. Periksa Jenis Sistem File: Periksa jenis sistem file flash drive Anda. Paling umum, tipe sistem file adalah NTFS atau FAT32. Jika flash drive Anda tidak muncul atau tidak dapat dibaca, coba ubah jenis sistem file menjadi NTFS atau FAT32. Ini dapat dilakukan dengan memformat flash drive menggunakan alat Manajemen Disk Windows.

Pulihkan Data dari Flash Drive

7 Tips Memulihkan Data dari Flash Drive Rusak Tidak Terbaca:

1. Gunakan alat pemulihan data. Memanfaatkan alat pemulihan data yang andal adalah salah satu cara paling efektif untuk memulihkan data dari flash drive yang tidak dapat dibaca.

2. Hubungkan flash drive ke komputer lain. Mungkin saja masalahnya terletak pada komputer tempat Anda menghubungkan flash drive. Jika bisa, coba sambungkan ke komputer lain dan lihat apakah berfungsi.

3. Periksa virus dan malware. Anda harus selalu memindai flash drive dari virus dan malware sebelum mencoba memulihkan data darinya.

4. Periksa status read-only drive. Jika status read-only flash drive Anda diaktifkan, Anda mungkin tidak dapat mengakses atau menulis data apa pun di dalamnya.

5. Coba gunakan port atau kabel USB yang berbeda. Terkadang, masalah dengan port USB atau kabel dapat menyebabkan flash drive tidak terbaca. Coba sambungkan dengan port atau kabel lain dan lihat apakah itu membantu.

6. Periksa jenis sistem file flash drive Anda. Jika flash drive Anda diformat dalam jenis sistem file yang tidak kompatibel, Anda mungkin tidak dapat mengaksesnya di komputer.

7. Jalankan utilitas pemeriksaan disk pada flash drive Anda. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk mendeteksi dan memperbaiki kesalahan apa pun pada flash drive Anda yang dapat menyebabkannya tidak dapat dibaca.

Backup Data di Flash Drive
Source : thelastsurvivors.org

Backup Data di Flash Drive

7 Tips Mencadangkan Data di Flash Drive Anda

1. Siapkan jadwal pencadangan – Mencadangkan data Anda di flash drive secara teratur adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa file penting Anda aman dan terjamin.

2. Simpan banyak cadangan – Memiliki banyak cadangan dari data yang sama dapat memberikan perlindungan tambahan jika terjadi kesalahan.

3. Enkripsi data Anda – Mengenkripsi data Anda dapat membantu melindunginya dari akses tidak sah dan menjaganya tetap aman.

4. Gunakan penyimpanan cloud – Solusi penyimpanan cloud seperti Google Drive, Dropbox, dan OneDrive dapat memberikan perlindungan tambahan untuk data Anda.

5. Simpan salinan di luar lokasi – Menyimpan salinan cadangan Anda di luar lokasi dapat memberikan perlindungan tambahan jika terjadi keadaan darurat.

6. Gunakan flash drive yang dilindungi kata sandi – Flash drive yang dilindungi kata sandi dapat membantu melindungi data Anda dari akses yang tidak sah.

7. Pantau cadangan Anda – Secara teratur memantau dan memeriksa integritas cadangan Anda dapat membantu memastikan bahwa data aman dan terjamin.

Kesimpulan

Proses memperbaiki USB flash drive yang rusak atau tidak terbaca bisa sedikit rumit. Namun, jika Anda mengikuti langkah-langkah yang diuraikan dalam postingan blog ini, Anda dapat menghemat banyak waktu, tenaga, dan uang.

Berikut adalah beberapa takeaways kunci dari posting blog ini:

1. Nilai status flash drive USB Anda untuk menentukan apakah rusak secara fisik.

2. Jalankan pemindaian diagnostik untuk memeriksa apakah kesalahan disebabkan oleh data yang rusak.

3. Periksa apakah port USB berfungsi dan coba sambungkan ke port lain.

4. Format flash drive untuk memperbaiki masalah jenis sistem file apa pun.

5. Jalankan Disk Cleanup untuk menghapus file sementara dan mengosongkan ruang.

6. Jika semuanya gagal, pulihkan data dari flash drive dan cadangkan ke perangkat lain.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat memperbaiki masalah apa pun dengan flash drive USB Anda dan membuatnya berfungsi dalam waktu singkat!

Kamu mungkin suka dengan 5 Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca Tanpa Diformat.

Saya harap artikel ini membantu memandu Anda melalui proses memperbaiki flash drive yang rusak dan tidak dapat dibaca. Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami akan dengan senang hati membantu!